Senin, 09 Februari 2009

Grading / Kualitas Keadaan Uang

Keadaan fisik suatu uang pasti juga menentukan harga uang tersebut. Berikut kelompok-kelompok dari kualitas uang yang dapat ditentukan :

UNC
(Uncirculated)
Keadaan sempurna. Semua sudut tajam, keadaan kertas kaku, tanpa tekukan, lipatan, dan robekan sdikitpun, maupun kecacatan lainnya.
AU (Almost Uncirculated)
Hampir sama dengan UNC, namun mungkin memiki lipatan pada salah satu ujung, maupun lipatan tipis di tengah.
EF atau XF (Extrmely Fine)
Keadaan kertas masih baik dan baru. Namun, memiliki maksimal 3 tekukan yang tipis, bila tekukan tajam maksimal 1 tekukan.
VF (Very Fine)
Uang yang sudah dipakai. Namun keadaan uang masih kaku, mungkin memili beberapa tekukan dan sedikit noda kotoran. Asalkan uang belum robek sedikitpun.
F (Fine)
Uang telah digunakan berkali-kali. Sehingga banyak dilipat dan terdapat beberapa tekukan dan lipatan. Uang pun sudah tidak kaku dan terdapat sedikit robek beberapa milimeter di pinggir yang tidak sampai masuk gambar. Tetapi, warna masih bagus dan tidak kusam.
VG (Very Good)
Uang sudah sering dipakai, kertaspun layu dan lemas. Ada sobekan disudut yang membuat sudut kertas tidak tajam lagi. Sobekan sedikit masuk ke gambar. Dibagian lipatan terdapat lubang atau sebekan kecil. Namun, robekan tersebut tidak sampai membuat ada bagian yang hilang. Kertas uang masih utuh.
G (Good)
Uang yang telah lama dipakai. Sehingga, selain kertas lemas warnapun memudar atau kusam. Berkali-kali dilipat membuat lipatan menjadi sobekan di bagian pinggir. Terdapat robekan yang membuat bagian kecil lepas dari uang.
Fair
Karena pemakaian yang sangat sering membuat uang kotor, kusam, dan layu. Robekan panjang yang membuat bagian besar hilang atau lepas dari uang.
Poor
Ada lubang besar, robekan uang yang membuat bagian besar hilang. Uang ditambal atau direkatkan karena terpisah, juga pernah ditrimming (dipotong) untuk menutupi kerusakan uang. Uang seperti ini bila dicampu ke koleksi uang lainnya dapat menurunkan nilai koleksi uang sehingga tidak layak dikoleksi. Kecuali bila uang hanya satu-satunya dimiliki karena sangat langka.

Kecacatan-kecacatan lain pada uang juga harus disebutkan, seperti: coretan (grafiti), bekas selotip, lem, dan perekat lainnya, stain atau noda karatan pada uang, lubang bekas disteples, bagian yang dipotong (trimming), disetrika, diberi cairan pembersih, dan ditambal yang membuat harga uang turun.

Harga pada katalog adalah harga untuk uang yang berkualitas UNC. Untuk yang selain UNC memiliki harga yang lebih rendah tergantung posisi kualitas uang tersebut. Walau demikian, sering pula harga uang kuno lebih mahal dari harga katalog walaupun keadaan uang tidak UNC. Harga katalog memang buka harga mati sama sekali. Namun bila kita ingin menjual, ada baiknya kita harus memberi harga yang wajar dan masuk akal. Pemberian harga yang berpuluh-puluh dan beratus-ratus kali lipat dari harga katalog membuat orang lain mengurungkan niatnya untuk menjadi seorang kolektor uang. (Apriza)





1 komentar:

  1. Buat kamu yang inin menyumbang gambar, dicari foto scan uang kuno RI jenis apa saja sebelum tahun 1980 dengan kondisi:
    UNC, AU, EF, VF, F, VG, G, Poor, Fair.
    Warna dasar di belakang uang harus berwarna hitam. Foto-foto uang tadi ingin dipasang pada halaman Grading uang kertas ini.

    BalasHapus